Tentang Kitab Al Ushul Ats Tsalatsah / Tsalatsatul Al Ushul  


Kitab Al-Ushul At-Tsalasah merupakan kitab kecil (matan) yang membahas aqidah/ keyakinan, yang ditulis oleh seorang mujadid dan ulama besar Islam yang bermanhaj-kan ahlusunnah waljama’ah , yang bernama Syaikh Muhammad At-Tamimy. 

Nama kitab ini sebenarnya adalah Tsalatsatu Al-Ushul (Tiga Landasan Utama), hal ini dilihat dari judul kitab-kitab para ulama yang terlebih dahulu men-syarh (menjabarkan) kitab ini, seperti misalnya Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin dengan judul  Syarh Tsalatsatu Al-Ushul.

Dimasa sekarang kitab ini telah masyhur dan tersebar dengan nama Al-Ushul At-Tsalasah, akan tetapi ini tidak menjadi masalah, karena secara makna tetap sama. Pada realitanya,  kitab Al-Ushul At-Tsalasah adalah matan kecil (lebih kecil dari kitab Tsalatsatu Al-Ushul) yang diperuntukkan bagi anak-anak kecil dikala itu. Hal ini dijelaskan Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh dalam Syarh “Tsalatsatu Al-Ushul wa Adillatuha” hal.4.

Secara garis besar isi utama dari kitab ini adalah mengenai 3 pertanyaan dan jawaban yang kelak akan ditanyakan oleh Malaikat Mungkar dan Nakir  di alam kubur, seperti Siapa Tuhanmu? Dan Siapa Nabimu? Serta Apa Agamamu? Hal ini sesuai hadist Nabi Muhammad salallahu ‘alaihissalam yang sangat panjang yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnadnya dan di-shahih-kan oleh Syaikh Al-Albani dalam Ahkam Janaiz, Hadist ini dikenal dengan Hadist Baro’ bin Azib.

Kitab ini merupakan salah satu kitab Ahlus Sunnah yang sangat pokok (mendasar), karena didalamnya berisi penjelasan mengenai perkara yang harus diimani oleh seorang muslim dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan Sunnah serta perkataan ulama, seperti Imam As-Syafi’i, Imam Bukhari, Ibnu Katsir dan Ibnul Qoyyim. 

Sekiranya ada bantahan terhadap isi kitab ini maka hendaknya bantahan tersebut memiliki dasar dan dalil yang kuat, karena sejatinya dalam kitab ini sangat sedikit sekali perkataan atau pendapat dari penulis kitab (Syaikh Muhammad At-Tamimy). Mayoritas isi kitab ini adalah kalam Allah, Nabi dan Ulama’ yg masyhur. 

Sungguh banyak dari para ulama’ yang mensyarah dan memberi catatan kaki terhadap kitab ini (Tsalatsatu Al-Ushul), diantara para Ulama’ yang mensyarah adalah :

1. Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdullah bin Baz – Syarh Tsalatsatu Al-Ushul

2. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin – Syarh Tsalatsatu Al-Ushul

3. Syaikh Abdurrahman bin Muhammad bin Qasim – Hasiyah Tsalatsatu Al-Ushul

4. Syaikh Abdul ‘Aziz Alu Syaikh –Syarh Tsalatsatu Al-Ushul wa Adillatuha

5. Syaikh Kholid Mahmud Al-Juhany – Asy-Syarhu Al-Ma’muul 

Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad Al-Badr seorang ulama senior saat ini yang menjadi pengajar tetap di Masjid Nabawi Madinah berkata mengenai kitab ini: “ Kitab Tsalatsatu Al-Ushul adalah kitab yang berharga baik dikalangan umum (orang awam) ataupun khusus (para pelajar) karena terdapat penjelasan dari 3 kaidah-kaidah (agama) beserta dalilnya” (lihat kitab Manhaj Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab fii Ta’liif, 5/47)

Catatan : Tulisan ini sebagian besar bersumber dari kajian yang disampaikan ustadz Abu Yusuf Akhmad Ja’far (Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Al Azhar Kairo sekaligus Murid Syaikh Kholid Mahmud Al-Juhany, Mesir) dengan berbagai penyesuaian
Madinah, ahad 15 Maret 2017

Muhammad Mukhtar Shidiq